Aesthetic Dental, Gigi Estetik

Bleaching Gigi Putih dan Menarik

Bleaching Gigi 

Tindakan perawatan untuk memutihkan warna gigi dan menghilangkan noda pada gigi tanpa membuang atau mengikis lapisan gigi.  Dokter gigi akan menggunakan bahan-bahan yang aman dan tidak merusak enamel dan gusi pada proses memutihkan gigi. Gigi yang putih dan bersih akan memberikan penampilan gigi dan senyum yang menarik.

Ada dua macam metode bleaching gigi :

1. Pemutihan gigi dari luar / vital whitening

Adalah pemutihan gigi yang masih memiliki saraf yang sehat. Pemutihan ini dapat dilakukan dengan 2 metode :

a. Home Bleaching

Adalah metode pemutihan gigi yang dilakukan pasien sendiri di rumah. Dokter akan membuat cetakan sesuai bentuk gigi pasien. Kemudian dokter akan memberikan gel pemutih untuk digunakan beberapa jam perhari untuk jangka waktu kurang lebih 2 minggu. Hasil biasanya dapat terlihat setelah 1-2 minggu pemakaian.

b. In office Bleaching

Adalah metode bleaching gigi yang paling populer karena memberikan hasil lebih cepat dan hasil pemutihan dapat langsung terlihat setelah selesai tindakan. Pada metode bleaching ini dokter akan memberikan pelindung pada gusi di area gigi, kemudian mengoleskan gel pemutih berkonsentrasi tinggi pada gigi . Gigi akan dkemudian disinari untuk mengaktifkan bahan pemutih dan mempercepat proses pemutihan gigi. Tindakan ini memerlukan sekitar 60-90 menit. Kondisi dan noda pada gigi memberikan hasil yang berbeda-beda terhandap hasil bleaching.

 

Bleaching gigi

2. Pemutihan Gigi dari dalam / Non-Vital Whitening

Adalah pemutihan gigi yang memiliki saraf yang sudah mati. Gigi yang memiliki saraf yang sudah mati akan memiliki warna yang lebih gelap di banding gigi-gigi di sekitarnya. Dokter gigi akan perlu melakukan perawatan saraf gigi terlebih dahulu (root canal treatment). Kemudian akan dimasukan obat pemutih gigi kemudian menutup atau ditambal sementara. Biasanya dibutuhkan beberapa kali kunjungan untuk  pemutihan gigi,  agar warna gigi dapat menjadi sama dengan gigi di sekitarnya. Setelah mencapai warna gigi yang diinginkan, kemudian gigi akan ditambal permanen.

Untuk menjaga agar hasil pemutihan gigi lebih panjang, hindari merokok , memakan atau minum produk-produk yang dapat mengubah atau memberi noda pada gigi.