Plastic Surgery

Operasi Gynecomastia – Man Breast Reduction

Share

Gynecomastia adalah kondisi pembesaran payudara pria yang melebihi ukuran normal.

Pria pada umumnya mendambakan bentuk bentuk tubuh yang atletis dan kencang. Menjalankan diet dan olah raga akan membantu untuk mencapai bentuk tubuh yang diidamkan. Namun bagi sebagian orang, tumpukan lemak pada beberapa bagian tubuh sangat susah untuk di hilangkan. Contohnya pada payudara / dada pria. Banyak pria yang telah memiliki bentuk perut dan lengan yang cukup kencang, namun bagian dada masih terdapat penumpukan lemak yang cukup banyak. Penumpukan lemak pada bagian dada yang disebabkan oleh berat badan yang berlebih, dapat diatasi dengan olah raga yang teratur dan diet yang seimbang.

Pada kondisi gynecomastia bentuk payudara yang relative besar sehingga agak menyerupai bentuk payudara wanita , sangat susah dihilangkan dengan diet dan olah raga. Ditandai dengan ukuran payudara yang melebihi ukuran normal, dada yang terasa lebih lunak secara berlebihan,  ada area yang mengeras dan meradang. Kondisi ini dapat diperbaiki dengan operasi gynecomastia. Operasi penyedotan lemak / liposuction ini bertujuan untuk mengecilkan / memperbaiki ukuran payudara pria yang relative cukup besar karena penumpukan lemak dan jaringan payudara yang berlebih.

Kondisi pada dada pria ini dapat disebabkan oleh:

-Faktor hormonal, dimana produksi hormon esterogen mendominasi hormon testoteron.
-Konsumsi obat-obatan tertentu
-Tanda-tanda adanya penyakit tertentu

 

Gynecomastia

 

Pada umumnya kondisi gynecomastia bukanlah masalah yang serius dari segi medis. Namun dapat memberi dampak yang negatif pada penampilan, percaya diri dan psikologi seseorang pria karena terlihatnya payudara yang cukup besar (man’s boob). Apabila anda memiliki masalah gynecomastia, periksakanlah kondisi anda untuk memastikan apakah ada masalah kesehatan lainnya.

 

Mengenai operasi Gynecomastia:

Durasi Tindakan: 2-3 jam
Anestesi : Local / Umum
Persiapan operasi: -Menghentikan vitamin, jamu-jamu, alkohol dan rokok 1 minggu sebelum jadwal tindakan
-Medical check up. Pasien harus dalam kondisi sehat dan terkontrol .
-Puasa makan dan minum 6 jam sebelum jadwal tindakan (bila diperlukan)
Paska operasi : -Bengkak, lebam, terasa kencang pada payudara
-Nyeri , yang pelan-pelan akan mereda
-Rembasan darah di area operasi, yang pelan-pelan akan berhenti
-Penggunaan compression garment / korset paska operasi bila diperlukan
-Dianjurkan aktivitas ringan semasa penyembuhan, tidak mengangkat barang yang terlalu berat selama selama 4 minggu. Aktivitas dan olahraga yang menggunakan otot payudara, dianjurkan setelah 3 bulan paska operasi.
Angkat Jahitan : 10-14 hari
Masa Penyembuhan: Puncak bengkak hari ke 3-5. Bengkak menyusut dan membaik sekitar 3 mingguan. Kondisi kembali normal setelah 3-4 bulan

Resiko yang dapat terjadi:

-Pendarahan &  hematom
-Masa penyembuhan yang buruk
-Infeksi
-Scar jahitan
-Bentuk dan ukuran payudara yang tidak seimbang

Semua tindakan operasi memiliki resiko. Namun dengan prosedur dan penanganan yang benar, dan dikerjakan oleh dokter spesialis yang kompeten, resiko dapat dihindarkan.

Pertanyaan yang sering kami terima mengenai operasi Gynecomastia

Setelah operasi apakah boleh berolahraga ?

Pasien dapat beraktifitas ringan setelah 1-2 hari beristirahat. Olahraga ringan seperti berjalan kaki dapat dilakukan setelah minimal 3-4 minggu paska operasi. Olahraga yang lebih intensive yang menggunakan otot dada dapat dilakukan setelah   3-4 bulan paska operasi (atau sesuai anjuran dokter, tergantung proses penyembuhan masing-masing pasien)

Apakah pembayaran bisa bisa dengan asuransi ?

Tergantung kondisi ada  kemungkinan biaya operasi gynecomastia anda di cover asuransi.