Plastic Surgery

Operasi kelopak mata Blepharoplasty

Share

Operasi kelopak mata / blepharoplasty adalah tindakan medis untuk memperbaiki dan meremajakan  kondisi kelopak mata atas yang terlihat kendor dan turun dan kelopak mata bawah / kantung mata yang menggelembung dan berkeriput. 

Kondisi mata yang kurang menarik karena kelopak mata yang menggelembung ( puffy eyes ), kendur dan berkerut sangatlah mengganggu penampilan dan percaya diri seseorang. Walaupun kondisi ini tidak berbahaya; namun dengan bertambahnya usia, otot mata akan melemah dan mengendur akan menyebabkan penumpukan lemak pada kelopak mata. Kondisi ini akan menjadi serius karena dapat mengganggu penglihatan.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya kelopak mata yang kendur dan menggelembung / puffy eyes :

-Penuaan usia (aging)
-Pengumpulan cairan (fluid retention) -yang dapat dikarenakan oleh hormon, konsumsi obat2an dan makanan tertentu
-Gaya hidup yang menyebabkan kurangnya waktu untuk tidur (sleep deprivation)
-Merokok
-Stress
-Keturunan
-Alergi
-Polusi & paparan sinar matahari secara langsung

Blepharoplasty biasanya tergolong tindakan operasi kosmetik, yang  dapat dilakukan pada kelopak mata atas (upper eyelid blepharoplasty),  kelopak mata bawah (lower eyelid blepharoplasty) .

upper eyelid blepharoplasty, ditujukan untuk mengurangi kelebihan kulit pada kelopak mata atas yang turun  dan kendur (dan membuat lipatan mata bila diperlukan), membuang kelebihan lemak yang membuat mata terlihat menggelembung ; yang menyebabkan mata terlihat lebih kecil,  sayu, tidak segar dan terlihat lebih tua. Tindakan dapat disertai dengan membuka “merobek” ujung mata, agar mata lebih terlihat lebih besar dan segar.

Operasi kelopak mata Blepharoplasty

lower eyelid blepharoplasty, ditujukan untuk membuang kelebihan lemak (kantung mata), serta mengencangkan kulit pada kelopak mata bawah yang kendur dan berkeriput, yang menyebabkan mata terlihat lebih kecil,  tua dan tidak segar (sayu).

 

Operasi kelopak mata Blepharoplasty

 

Ilustrasi Sayatan pada Upper dan Lower Blepharoplasty.

Operasi kelopak mata Blepharoplasty

 

Blepharoplasty dapat dikombinasikan dengan Epicanthoplasty dimana diperlukan tindakan untuk membuka bagian epicanthal fold / lipatan mongolia agar mata terlihat lebih lebar dan besar.  Epicanthal fold adalah kulit yang menutupi bagian mata sehingga mata terlihat lebih kecil. Tindakan Epicanthoplasty dapat berupa  Medial Epicanthoplasty  untuk membuka bagian ujung mata bagian dalam, dan Lateral Canthoplasty , untuk membuka ujung luar mata.

 

operasi kelopak mata Epicanthoplasty

 

Selain untuk tujuan kosmetik , operasi kelopak mata dapat dilakukan untuk tujuan rekonstruksi. Seperti pada kondisi mata Ptosis.

Ptosis  adalah kondisi kelopak mata atas yang turun melebihi kondisi normal  karena otot mata tidak berkerja sempurna. Ptosis umumnya adalah kondisi bawaan lahir (congenital ptosis) dan dapat pula disebabkan oleh stroke dan trauma. Kondisi ptosis dapat dikategorikan dengan ringan sampai dengan kondisi yang parah. Ptosis dapat terjadi pada salah satu mata dan kedua mata. Penderita ptosis akan kesulitan untuk melihat secara bebas, kadang harus menaikkan kepala kebelakang agar dapat melihat lebih luas, yang pada kemudian hari dapat menyebabkan masalah pada leher dan bahu.  Kondisi ptosis dapat dikoreksi dengan operasi  kelopak mata atas yang lunglai / turun . Mata ptosis menyebabkan wajah terlihat lelah.

operasi kelopak mata ptosis

 

 

 Mengenai operasi kelopak mata / Blepharoplasty:

Durasi Tindakan : 1 -2 jam
Anestesi : Lokal
Persiapan operasi: -Menghentikan vitamin, jamu-jamu, alkohol dan rokok 1 minggu sebelum jadwal tindakan
-Pasien harus dalam kondisi sehat dan terkontrol .
Paska operasi : -Bengkak, lebam, nyeri
Angkat Jahitan : 5-7 hari
Masa Penyembuhan: Puncak bengkak hari ke 3-5. Bengkak menyusut dan membaik sekitar 3 mingguan. Kondisi kembali normal setelah 3 bulan

Paska tindakan :

-Scar , bekas jahitan akan memudar
-Bengkak, akan pelan-pelan berkurang dan kembali normal
-Nyeri , akan pelan-pelan berkurang dan kembali normal
-Mati rasa / baal, akan pelan-pelan berkurang dan kembali normal

-Operasi tidak menghentikan proses penuaan / aging. Namun dengan perawatan dan gaya hidup yang benar, hasil operasi dapat bertahan lebih lama, dan jarang memerlukan tindakan lanjutan.

Resiko yang dapat terjadi:

-Pendarahan yang berkelanjutan
-Masa penyembuhan yang buruk
-Infeksi
-Hasil operasi yang tidak seimbang pada kedua mata

Semua tindakan operasi memiliki resiko. Namun dengan prosedur dan penanganan yang benar, dan dikerjakan oleh dokter spesialis yang kompeten, resiko dapat dihindarkan.

 

*Ilustrasi gambar dari berbagai sumber

Pertanyaan yang sering kami terima mengenai operasi kelopak mata / blepharoplasty

Berapa lama saya harus istirahat setelah operasi kelopak mata ? Karena saya kerja kantoran

Setelah operasi pasien dapat langsung pulang dan beraktifitas. Tidak perlu istirahat total, selama aktifitas tidak mengganggu area operasi.  Tentunya akan ada pembengkakan dan lebam selama masa penyembuhan. Penggunaan kaca mata hitam dapat membantu menyembunyikan bagian mata yang bengkak.

Kapan boleh menggunakan kosmetik atau cream muka ?

Kosmetik dan cream muka dapat digunakan selama tidak mengenai area operasi. Hindari penggunaan pada area mata dan sekitarnya minimal selama 1 bulan paska operasi.

Salah satu mata saya sudah tidak bengkak dan cukup bagus tapi yang satu lagi masih bengkak. Apakah hasil operasi tidak seimbang ?

Pada masa penyembuhan sangat memungkinkan pembengkakan mata kanan dan kiri tidak sama. Kondisi ini akan pelan-pelan membaik dan terlihat merata setelah kondisi kembali normal.