Blogs

Penyakit Kulit Eksim dan Tips Cara Mengatasinya

Berikut kami mencoba mengulas mengenai penyakit kulit eksim dan cara mengatasinya.

Kulit Eksim / Eczema adalah salah satu tipe masalah iritasi kulit kronis yang di kenal dengan nama atopic dermatitis ( skin inflammation) yang menyebabkan kulit menjadi sangat kering, gatal dan iritasi.

Kulit eksim dapat di derita oleh siapa saja yang biasanya dapat di lihat dari mulai bayi (terutama bagi yang memiliki
keturunan alergi) yang semakin berkurang dengan bertambahnya usia.

Apakah yang menyebabkan kulit eksim:

Eksim adalah reaksi tubuh kita terhadap irritant. Disebabkan oleh rusaknya lapisan kulit bagian luar yang menyebabkan kulit mudah teriritasi. Eksim dapat juga di sebabkan oleh makanan , produk , atau hal2 yang kita alergi.

Beberapa Penyebab umum Eksim:

– Stress
– Sabun mandi , sabun cuci tangan yang formulanya terlalu kuat
– Wool
– Bulu binatang
– Parfum
– Sabun2 pencuci rumah tangga : sabun cuci piring, ditergen baju
– Rokok
– Alergi makanan
– Perubahan suhu dingin dan panas yang terlalu ekstrim .
– Keringat
– Bahan2 pakaian sintetis

*Kulit bayi sangat sensitif sehingga sangat mudah teriritasi oleh produk2 / hal2 di sekelilingnya.

Seperti apakah kulit eksim itu ?

Kulit terlihat merah & teriritasi, kering dan mengelupas, kulit pecah2, terasa sangat gatal dan / atau perih terutama pada malam hari. Kadang disertai benjolan / bump kecil berisi air yang mudah pecah bila digaruk. Dapat terjadi di bagian
tubuh mana saja: tangan, muka, lengan, lutut, pergelangan tangan, siku , dll. Biasanya dimulai dengan kulit yang terasa gatal walaupun belum terlihat perubahan apapun pada kulit.

Apakah Eksim bisa di hindari?

Kalau kita tidak tahu apa penyebab / pencetus eksim tersebut, sangat sulit untuk menghindari. Jadi sangat perlu bagi setiap individu yang memiliki kulit eksim untuk memperhatikan apa yang mencetus kulit teriritasi. Jadi
kita dapat menghindari dari paparan pencetus tersebut.

Pengobatan / treatment untuk kulit eksim tidak dapat menyembuhkan secara permanen, tapi dapat membantu mengontrol dan mencegah iritasi semakin parah. Pada beberapa orang eksim dapat berhenti / hilang sendiri secara permanen, atapun dapat juga tetap memiliki eskim seumur hidup.

Apakah Eksim menular ?

Eksim tidak menular
Apakah efek dari kulit eksim ?

Eksim dapat menjadi sangat tidak nyaman, mengganggu dan menyebalkan. Eksim yang serius / parah, dapat menyembabkan kurang tidur karena gatal yang serius. Juga dapat mengganggu penampilan, bila eksim terjadi di bagian2 tubuh yang dapat dilihat oleh publik. Sehingga mungkin dapat mengubah gaya hidup / lifestyle kita dengan menggunakan pakaian2 yang menutupi bagian tubuh yang eksim.
Tips untuk mengatasi masalah eksim:

-Pastikan kulit anda selalu lembab / moisturized dengan menggunakan lotion atau cream pelembab untuk kulit  sensitive yang tidak menggunakan pewangi, pewarna, ataupun bahan2 kimia yang kuat. Ini untuk menjaga kulit tetap halus, lembab, kenyal/flexible agar tidak mudah pecah / cracked. Gunakan setiap hari terutama pada musim panas agar kulit tetap lembab.

-Hindari mandi terlalu lama dengan air panas/hangat, karena dapat menyebabkan kulit kering . Gunakan sabun yang di formulasikan untuk kulit sensitive, berformula lembut dan tanpa pewangi. Jangan menggosok kulit terlalu
keras karena dapat menyebabkan kulit iritasi. Gunakan lotion / pelembab setelah mandi.

-Pada saat eksim / kulit teriritasi, coba kompress bagian yang teriritasi engan air dingin selama 30 menit. Oleskan salep penghilang rasa gatal / antihistamine.

-Stress dapat menjadi penyebab utama eksim bagi orang dewasa. Jadi hindari hidup dari stress, berolah raga, konsumsi makanan yang sehat dan tidur yang cukup.

-Jangan menggaruk bagian yang teriritasi / eksim. Karena akan membuat iritasi semakin parah dan terinfeksi oleh bakteri2 yang ada pada kuku kita.

-Gunakan sabun / lotion / detergen yang mild dan aman untuk kulit sensitive. Biasakan mengeringkan bagian tubuh
dengan benar setelah mandi dan mencuci tangan.

*Kunjungi dokter kulit untuk mendiagnosa masalah kulit yang anda alami dan bila masalah kulit semakin parah.

*Source : berbagai sumber