Plastic Surgery

Operasi Transfer Lemak / Fat Transfer

Transfer lemak atau fat transfer adalah tindakan medis untuk memindahkan lemak tubuh dari satu bagian ke bagian tubuh lainnya. Tindakan ini meliputi penyedotan yang biasanya diambil dari area  tubuh yang memiliki tumpukan lemak yang berlebih  seperti perut dan paha, yang  kemudian diolah dan  dipindahkan dengan cara disuntikkan kebagian tubuh yang diinginkan agar terlihat lebih berisi dan full.

Dokter bedah plastik akan membuat sayatan kecil di area pengambilan lemak untuk memasukkan canula untuk menyedot lemak yang akan ditransfer, kemudian lemak yang telah disedot akan diolah atau dimurnikan dan disiapkan untuk kemudian disuntikkan pada area yang diinginkan. Lamanya tindakan tergantung pada banyaknya lemak yang perlu diambil untuk ditransfer.

Peremajaan dengan operasi  transfer lemak semakin   banyak dilakukan untuk  meningkatkan volume pada   area tubuh tertentu,  seperti  wajah (hidung, pipi, bibir) , payudara, dan bokong yang kosong . Tindakan  ini dapat menjadi alternative bagi sebagian orang yang tidak menginginkan barang asing seperti filler atau implant  di dalam tubuh. Biaya operasi ini tergantung dari luasnya area yang ingin disedot lemaknya dan banyaknya lemak yang ingin di transfer.

Operasi ini cocok dilakukan bagi:

  • Pasien yang memiliki area tubuh dan wajah yang cekung atau terlalu kempot
  • Pasien yang memiliki payudara yang kendur dan  kurang berisi
  • Pasien yang ingin mengisi area bokong yang kendur agar terlihat lebih full dan kencang
  • Pasien yang ingin mengencangkan area tubuh tetapi tidak menginginkan benda asing di dalam tubuh, seperti filler atau implant

Untuk dapat melakukan operasi ini, calon pasien harus memiliki lemak berlebih yang mencukupi untuk mengisi area tubuh yang ini dikencangkan. Karena operasi ini menggunakan lemak dari tubuh anda sendiri,  maka resiko alergi atau penolakan tubuh dapat dihidari. Hasil dari operasi ini dapat langsung terlihat paska tindakan, walaupun dapat juga terlihat pembengkakan yang pelan-pelan akan membaik setelah sekitar 2 mingguan.

Lemak yang dipindahkan dapat mengalami penyerapan alami oleh tubuh. Dibanding dengan derma filler, pengisian lemak pada area tubuh dapat memberikan hasil yang bertahan lebih lama. Rata-rata 30-70% dari lemak yang ditransfer dapat mengalami penyerapan. Oleh karena itu,  kemungkinan dapat diperlukan beberapa kali tindakan untuk pasien mencapai ukuran dan kondisi yang diinginkan.

Transfer  Lemak ke Wajah dan Keriput Tangan

Tindakan ini hampir dapat dilakukan pada hampir semua calon pasien , karena jumlah lemak yang tidak terlalu banyak. Lemak dapat di transfer pada area cekungan kantung mata atau kelopak mata atas, area pipi yang terlalu kempot / cekung, ataupun pada dahi. Tindakan sekitar 1-1.5 jam an.

Transfer Lemak ke Payudara

Untuk mendapatkan hasil yang maximal, calon pasien harus memiliki jumlah donor lemak yang mencukupi. Tindakan ini cocok bagi pasien yang masih memiliki kondisi otot dan kulit payudara yang masih kencang dan bagus. Apabila anda tidak memiliki jumlah donor lemak yang mecukupi, kondisi kulit dan otot payudara sudah cukup kendur dan tindak ingin melakukan operasi berulang apabila jumlah lemak yang ditransfer berkurang, Implant Payudara adalah pilihan yang lebih tepat untuk mengencangkan dan memperbesar payudara anda. Tindakan sekitar 2-2.5 jam an.

Transfer Lemak ke Bokong

Transfer lemak dapat menjadi pilihan yang baik untuk memperbesar dan mengencangkan bokong tanpa pengisian implant. Hasil secara umum akan terlihat lebih natural. Tindakan sekitar 2-2.5 jam an.