Plastic Surgery

Facelift dan Neck Lift Pengencangan Wajah

Share

Facelift atau operasi tarik wajah adalah tindakan bedah kosmetik untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan dengan mengencangkan otot dan kulit di sekitar wajah agar terlihat lebih muda dan segar.

Proses penuaan ( aging ) adalah proses alami yang terjadi pada setiap individu yang tidak dapat dihindari. Proses penuaan dipengaruhi dari faktor genetik / keturunan, gaya hidup, gravitasi, dan paparan sinar matahari. Oleh karena itu tindakan operasi kosmetik Facelift (dikenal juga dengan sebutan tarik wajah) semakin populer dilakukan dikalangan pria dan wanita.

Operasi facelift  bertujuan untuk meremajakan, mengencangkan wajah sehingga terlihat lebih muda, kencang dan segar.  Operasi ini  dilakukan untuk mengencangkan kulit dan otot yang kendur disekitar wajah garis rahang, menghilangkan kerutan , garis2 halus dan smiling line pada wajah (facelift), dahi (forehead lift) dan leher (neck lift).  Facelift dapat dikombinasikan dengan tindakan operasi  kelopak mata (blepharoplasty), hidung (rhinoplasty) dan telinga (otoplasty) .   Diskusikan dengan dokter mengenai tindakan yang tepat untuk wajah anda. Pada umumnya pasien dengan usia 40 tahun ke atas mulai membutuhkan tindakan facelift.

Tindakan facelift cocok bagi :

  • Pasien yang mengalami penurunan volume wajah secara drastis sehingga meninggalkan banyak kulit dan otot yang menggelambir
  • Terlihat kulit yang menggelambir (sagging) di area rahang sehingga wajah tidak terlihat kencang / tegas
  • Kulit yang menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti kulit yang berkeriput dan turun
  • Bentuk pada area sekitar dagu dan leher mulai berkurang dan tidak kencang karena adanya double chin dan kulit yang kendor

Mini Facelift – Operasi pengencangan kulit dan otot pada bagian wajah tengah dan bawah
Full Facelift – Operasi facelift untuk seluruh area wajah dan leher (neck lift)

 

Operasi Facelift

 

Tujuan utama Facelift sendiri bukan untuk meniruskan wajah, namun dengan kulit yang kencang wajah terlihat lebih tirus. Tindakan ini dapat dikombinasikan dengan sedot lemak wajah  / facial liposuction , untuk membuang kelebihan lemak disekitar wajah dan pengencangan kulit dan otot.

Mengenai Facelift:

Durasi Tindakan: 3-6 jam an
Anestesi : Umum
Persiapan operasi: -Menghentikan vitamin, jamu-jamu, alkohol dan rokok 1 minggu sebelum jadwal tindakan
-Medical check up. Pasien harus dalam kondisi sehat dan terkontrol .
-Puasa makan dan minum 6 jam sebelum operasi (sesuai anjuran dokter)
Paska operasi : -Rawat inap 1 hari
-Menggunakan draining tube untuk menampung sisa darah yang mungkin masih mengalir paska operasi
-Bengkak, lebam, terasa kencang pada payudara
-Nyeri , yang pelan-pelan akan mereda
-Rembasan darah di area operasi, yang pelan-pelan akan berhenti.
-Pasien dapat beraktivitas secara normal dalam masa penyembuhan. Menghindarkan penggunaan produk kosmetik selama 4 minggu.
-Menggunakan korset / face band paska operasi (bila diperlukan)
Angkat Jahitan : 10-14 hari
Masa Penyembuhan: Puncak bengkak hari ke 3-5. Bengkak menyusut dan membaik sekitar 3 mingguan. Kondisi kembali normal setelah minimal  3-4 bulan

Resiko yang dapat terjadi:

-Pendarahan
-Pembengkakan dan lebam yang dapat dirasakan untuk beberapa hari.
-Infeksi
Scar (akan berangsur2 berkurang dan memudar )
-Pengerjaan bagian wajah yang tidak seimbang.
-Baal / numbness (normal, yang akan berangsur2 berkurang)

Semua tindakan operasi memiliki resiko. Namun dengan prosedur dan penanganan yang benar, dan dikerjakan oleh dokter spesialis yang kompeten, resiko dapat dihindarkan.

*Operasi tarik wajahtidak akan menghentikan proses penuaan, hasil dapat dirasakan sampai dengan 10 tahun. Faktor genetik dan gaya hidup sangat mempengaruhi proses penuaan dan kondisi kulit. Gaya hidup sehat, seperti : tidak merokok atau minum alkohol, mengatasi stress, menghidari paparan sinar matahari dan polusi dapat memperpanjang efek / hasil dari operasi.

 

Pertanyaan yang sering kami terima mengenai operasi Facelift

Habis jahitan kelihatan jelas setelah operasi ?

Habis operasi jahitan akan cukup terlihat karena masih memerah , namun dengan berjalannya waktu jahitan akan pelan-pelan membaik dan kembali pada kondisi normal (sembuh total). Bekas jahitan / scar akan pelan-pelan memudar mendekati warna dan kondisi kulit di sekitarnya.

Apakah operasi tarik wajah ini juga  mengencangencangkan kantung mata   ?

Operasi facelift tidak termasuk tindakan pengencangan kelopak mata / kantung mata. Untuk mengencangkan dan memperbaiki kelopak mata dilakkukan tindakan blepharoplasty.

Hasil facelift  bisa bertahan berapa lama ?

Mini facelift sekitar 5 tahunan . Untuk full facelift memberi efek lebih lama dari mini facelift. Gaya hidup yang sehat dan perawatan kulit yang benar dapat memperpanjang efek hasil operasi dan memperlambat terlihatnya kembali tanda-tanda penuaan.

Kalau saya mau facelift sekalian mengerjakan kelopak mata bisa ?
Tergantung kondisi atau area pengerjaannya. Apabila tindakan cukup panjang, dokter menganjurkan untuk tindakan lainnya dijadwalkan lagi.

 

*Ilustrasi gambar dari berbagai sumber