Blogs, Compression Garments

Manfaat Korset Paska Operasi ( Post surgery compression garment)

Share

Operasi plastik / aesthetic plastic surgery adalah tindakan medis yang dibutuhkan untuk memperbaiki fungsi  dan memperindah bagian tubuh pria dan wanita yang kurang sempurna dari lahir ataupun karena trauma / kecelakaan sehingga memperbaiki penampilan dan meningkatkan percaya diri.

Bagian2 tubuh yang biasanya di lakukan tindakan operasi kecantikan / aesthetic surgery : perut (tummy tuck, liposuction), kelopak mata (blepharoplasty) ,  payudara (breast augmentation , breast reduction , breast lift), hidung, (nose job), telinga, double chin / bawah dagu , liposuction  lengan, liposuction punggung, liposuction paha, dll.

Untuk penyembuhan / recovery paska operasi, dokter bedah  biasanya merekomendasikan penggunaan medical grade korset paska operasi  ( medical grade compression garments). Penggunaan compression garment paska operasi bedah plastik adalah bagian yang penting dalam proses penyembuhan. Memilih compression garment yang tepat, memberi efek yang penting untuk kenyamanan dan penyembuhan paska operasi.  Penggunaan non-medical grade garment yang dapat dibeli di toko2, tidak didesign secara specific untuk paska tindakan medis (seperti baju ketat untuk sport, bh dan korset untuk fashion / sehari2), dapat menghambat proses penyembuhan , memperburuk pembengkakan dan nyeri paska operasi.

Berikut manfaat medical grade  korset  :

– Membantu mempercepat penyembuhan / recovery bagian tubuh yang di operasi
– Memberi penekanan yang tepat dan maximal untuk membentuk tubuh sehingga hasil operasi lebih maximal
– Membantu penyesuaian kulit terhadap bentuk tubuh yang baru
– Mengurangi & menghindari pembengkakan dan lebam berlebih
– Menghindari pengumpulan cairan tubuh  (fluid collection)
– Membantu darah bersikulasi dengan baik
– Mengurangi resiko infeksi di bagian tubuh yang di operasi
– Mengurangi rasa nyeri paska operasi, sehingga membantu dalam beraktifitas secara normal
– Membantu penyembuhan dan penampakan scar / jahitan lebih baik

Penggunaan korset paska operasi plastik di rekomendasikan minimal 4- 6 minggu, yang sebaiknya di gunakan sepanjang hari 24/7  (juga waktu tidur malam), dan di lepas hanya waktu mandi saja. Untuk menjaga kebersihan kulit badan, dianjurkan untuk selalu memiliki 2 pasang garments yang dapat di gunakan bergantian.

Penggunaan compression garments yang sesuai dengan rekomendasi yang di berikan, akan memberikan hasil tindakan yang lebih maximal, dan mengurangi resiko komplikasi paska operasi (post surgical complications).

Tips dasar dalam menentukan size compression garments  :

– Pilih merek yang sesuai dengan keinginan anda. Pastikan bahan memiliki kualitas terbaik dan anti alergy (hypoallergenic)
– Pilih tipe garments yang sesuai dengan kebutuhan anda (bagian tubuh yang di operasi).
– Ukur bagian tubuh yang memerlukan garments, kemudian sesuaikan dengan sizing chart untuk menentukan ukuran garmentnya. Perlu di ingat, setiap merek / pabrik memiliki standard sizing yang berbeda-beda. Ukuran korset / compresssion garment tidak dapat disamakan dengan ukuran baju atau celana yang biasa anda gunakan.  Jadi lebih baik untuk mengetahui ukuran bagian2 tubuh yang diperlukan secara akurat (dapat di ukur dengan meteran pengukur badan).
– Minta bantuan seseorang untuk mengukur. Ukur dalam tubuh keadaan berdiri dan relax. Jangan menggunakan korset pada saat pengukuran.
–  Demi kesehatan kulit, dianjurkan untuk memiliki 2 pasang garment agar dapat dipakai bergantian.
– Tips pencucian compression garment : Cuci tangan dengan menggunakan sabun yang extra lembut (seperti sabun bayi). Keringkan dengan diangin-anginkan saja, jangan terkena matahari langsung. Jangan di seterika.