Blogs

Sayatan Operasi Implant Payudara

Share

Sayatan operasi implant payudara (breast implant) adalah salah satu pertimbangan wanita dalam memutuskan untuk menjalankan operasi payudara. Bekas jahitan / scar dapat mengganggu penampilan tubuh wanita . Namun pasien dapat mempertimbangan beberapa pilihan sayatan yang umum dalam metode penempatan implant :

 

Sayatan operasi implant payudara

 

-Inframammary incision: Sayatan dibuat di bagian bawah payudara (breast fold). Panjang sayatan sekitar 3-4 cm memanjang di bawah lipatan payudara. Opsi sayatan ini adalah yang paling populer karena bekas jahitan lebih tersembunyi dan tertutup saat menggunakan bh.

  • Kelebihan: Akses penempatan implan dalam payudara lebih terlihat, scar bekas jahitan lebih tersembunyi pada lipatan bawah payudara dan tertutup oleh bh atau bikini.
  • Kekurangan : Adanya bekas sayatan pada payudara yang mungkin terlihat pada saat tidur terlentang.

-Periareolar incision : Sayatan dibuat pada area aerola

  • Kelebihan : Terlihat jelas akses penempatan implant, scar  bekas jahitan lebih terselubung oleh warna area aerola.
  • Kekurangan : Kebanyakan wanita kurang menyukai teknik ini karena bekas jahitan terlihat pada pusat payudara, adanya kemungkinan berkurangnya sensitivitas pada area puting / nipple (walaupun jarang terjadi).

-Transaxillary incision: Sayatan di buat di bawah ketiak.

  • Kelebihan : Sebagian wanita memilih metode ini, karena tidak terlihatnya bekas sayatan pada sekitar payudara, tapi tersembunyi di bawah ketiak.
  • Kekurangan: Kemungkinan terlihatnya scar bekas jahitan saat menggunakan baju tanpa lengan (sleeveless), jarak area yang lebih complex dalam memasukkan implant dari ketiak menuju payudara.

-TUBA (trans-umbilical breast augmentation) incision : Sayatan di sekitar pusar

Teknik penempatan implant ini akan disesuaikan dengan kondisi dan harapan pasien. Sayatan operasi implant payudara akan pelan-pelan memudar mendekati warna kulit disekitarnya sehingga tidak terlalu terlihat.

Proses operasi pembesaran payudara dengan implant tidak menyakitkan karena tindakan menggunakan bius umum. Pasien akan tertidur selama proses operasi.

 

*Ilustrasi gambar dari berbagai sumber