Blogs

Tips Memilih Dokter Bedah Plastik

Share

Memutuskan untuk melakukan bedah plastik adalah keputusan yang besar, dan tidak dapat di lakukan sembarangan. Operasi plastik yang di lakukan tidak dengan prosedur yang benar dapat menyebabkan resiko yang fatal, seperti infeksi, pendarahan ataupun cacat.

Berikut ini beberapa tips memilih dokter bedah plastik yang tepat dan aman , untuk pertimbangan anda:

– Pastikan dokter bedah plastik anda memiliki kredibilitas dan sertifikasi , telah menjalani pendidikan formal medis yang sesuai. Gelar untuk dokter bedah plastik adalah SpBP-RE (Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi ). Bukan hanya melalui pelatihan2 / kursus-kursus informal. Pastikan dokter anda terdaftar di Perhimpunan Dokter Bedah Plastik dan Rekonstruksi Indonesia

– Dokter memiliki reputasi yang baik dan pengalaman yang cukup untuk tindakan yang diinginkan.  Jangan ragu untuk mencari informasi (testimoni) / melakukan penelitian mengenai dokter bedah anda melalui melalui review2 yang ada di internet, teman-teman, keluarga  atau referensi  lainnya yang dapat di percaya atau  pernah menjalankan operasi dengan dokter bedah anda sebagai pertimbangan. Setiap prosedur operasi plastik bada bagian tubuh yang berbeda, memerlukan pengalaman dan teknik yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang baik. Misalnya dokter bedah yang memiliki pengalaman yang cukup untuk  mengerjakan operasi hidung , belum tentu memiliki pengalaman yang cukup untuk mengerjakan tindakan tummy tuck atau breast augmentation. Pastikan dokter bedah anda memiliki pengalaman yang cukup dan spesifik untuk tindakan yang anda rencanakan.

– Jangan ragu untuk berkonsultasi face-to-face terlebih dahulu sebelum memutuskan dokter bedah plastik anda. Carilah dokter bedah yang bersedia menjelaskan / mendiskusikan setiap pertanyaan yang anda tanyakan , mengenai prosedur dan resiko / bahaya dari tindakan yang akan di lakukan. Jangan lupa menanyakan hasil ” before ” dan ” after ” dari operasi yang pernah dokter bedah anda kerjakan.

– Jangan hanya berpatok pada harga.  Biaya operasi plastik yang dipatok terlalu tinggi atau sangat murah, belum tentu memberikan hasil yang baik. Pastikan biaya seimbang dengan pengalaman dan kualitas dokter; dan sesuai dan kemampuan keuangan anda. Biasanya tindakan operasi plastik tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi (tanyakan kepada perusahaan asuransi anda).

– Berdasarkan penelitian , selain pengalaman, faktor umur dokter bedah juga perlu di pertimbangkan. Umur 35 – 50 tahun memberikan hasil yang paling baik dalam melakukan operasi.

-Keputusan melakukan tindakan operasi plastik adalah keputusan yang besar dan memerlukan pertimbangan yang matang. Pastikan anda merasa nyaman dan dapat mempercayai dokter bedah dan staff pendukung medisnya.