Blogs Deminnie

Berhenti Merokok Sebelum Operasi

Efek merokok yang memberi dampak buruk terhadap kesehatan sudah cukup diketahui masyarakat luas. Dalam dunia medis, khususnya dalam tindakan operasi bedah plastik, merokok juga memberi dampak yang cukup serius.

berhenti merokok sebelum operasi Sebelum dan sesudah menjalani tindakan operasi, pasien dianjurkan untuk mengikuti prosedur medis sesuai yang dianjurkan dokter. Masing-masing dokter memiliki prosedur dan syarat-syarat yang mungkin dapat berbeda dengan dokter lainnya. Salah satu persyaratan yang cukup penting yang sebaiknya dipersiapkan adalah berhenti merokok dan mengkonsumsi barang-barang yang mengandung nikotin , sebelum dan setelah operasi.

Mengapa perlu berhenti merokok sebelum operasi ?

  • Efek nikotin dan karbon dioksida dapat menghambat peredaran oksigen dan darah ke jaringan kulit, sehingga menghambat proses penyembuhan luka dan jaringan kulit dapat menjadi mati. Lama kelamaan kulit dapat terlihat hitam.
  • Proses penyembuhan yang berkepanjangan dapat memperbesar kemungkinan terjadinya infeksi.
  • Efek merokok akan memperbesar kemungkinan komplikasi selama proses operasi dan menghambat peredaran oksigen dalam darah.

Apabila anda seorang perokok, diskusikan kondisi ini dengan dokter dalam merencanakan jadwal operasi anda. Persiapan sebelum dan sesudah operasi yang benar, dapat menghindari komplikasi dan resiko yang mungkin terjadi.

× Online Consultation