Plastic Surgery

Tummy Tuck – Pengencangan Perut

Share

Tummy tuck / abdominoplasty adalah tindakan operasi untuk membuang kelebihan lemak dan mengencangkan kulit dan otot yang menggelambir di bagian perut / abdominal  secara permanen.  Tindakan ini dapat menjadi salah satu alternative bagi pria dan wanita,  untuk mendapatkan perut yang rata dan kencang dengan cepat , apabila olah raga dan berbagai macam cara telah diusahakan namun belum memberikan hasil yang diiginkan.

Beberapa tipe perut dan anjuran tindakan:

1. Tipe  perut yang besar / gemuk karena penumpukan lemak yang berlebih di bawah lapisan kulit , namun  otot dan kulit perut masih kencang; dapat dilakukan tindakan liposuction / sedot lemak .

2. Tipe perut  dengan penumpukan lapisan lemak berlebih dan kulit perut berlebih dan menggelambir. Tipe perut seperti ini,  dapat dilakukan Mini tummy tuck, dimana dilakukan penyedotan lemak dan pembuangan kulit yang berlebih / bergelambir. Sayatan dibuat melintang horizontal di area pinggul. Sayatan pada mini tummy tuck tidak sepanjang pada full tummy tuck.

3. Tipe perut dengan penumpukan lapisan lemak berlebih , disertai dengan otot perut yang kendur dan merenggang, dan kulit yang berlebih dan menggelambir cukup banyak. Untuk tipe perut ini, dapat dilakukan full Tummy tuck ; dimana dilakukan pembuangan lemak dan kulit berlebih, pengencangan otot pada dinding perut, serta dilakukan rekonstruksi penyesuaian posisi pusar. Sayatan dibuat melintang di area pinggul.

 

Sayatan pada Tummy tuck

 

Tindakan tummy tuck ini dianjurkan bagi :
-Wanita yang pernah melahirkan dan ingin mengurangi stretch marks, lemak dan kulit yang menggelambir, dan mengencangkan otot yang telah kendur dan meregang karena perut yang membesar pada masa kehamilan.
-Penurunan berat badan secara drastis sehingga meninggalkan kulit yang berlebih dan menggelambir
-Pasien sedot lemak/ liposuction yang memiliki kondisi dan kualitas otot dan kulit yang tidak elastis. Tummy tuck dapat dikombinasikan untuk memberikan hasil sedot lemak yang maximal.
-Faktor usia  yang menyebabkan otot dan kulit perut yang mengendur dan merenggang.

Hasil adalah permanen; namun pasien sebaiknya menjalani pola hidup yang sehat disertai olah raga; untuk menghindari terbentuknya penumpukan lemak baru / kenaikan berat badan yang berlebih. Kehamilan juga akan mempengaruhi hasil tummy tuck. Apabila pasien memiliki keinginan untuk hamil lagi, kami anjurkan untuk menunda tindakan tummy tuck.

 

Mengenai Tummy tuck:

 

Durasi Tindakan: 3-5 jam an
Anestesi : Umum
Persiapan operasi: -Menghentikan vitamin, jamu-jamu, alkohol dan rokok 1 minggu sebelum jadwal tindakan
-Medical check up. Pasien harus dalam kondisi sehat dan terkontrol .
-Puasa makan dan minum 6 jam sebelum jadwal tindakan
Paska operasi : -Rawat inap 1 hari
-Bengkak, lebam
-Nyeri , yang pelan-pelan akan mereda
-Rembasan darah di area operasi, yang pelan-pelan akan berhenti
-Penggunaan korset paska operasi selama minimal 4-6 minggu atau sesuai instruksi dokter.
-Berjalan sedikit membungkuk (30 derajat) selama 1 minggu atau sesuai instruksi dokter.
-Dianjurkan aktivitas ringan dan tidak berolahraga  semasa penyembuhan awal minimal 4 minggu. Aktivitas dan olah raga yang menggunakan otot perut setelah minimal 4-6 bulan.
-Hasil operasi dan kondisi kembali normal setelah minimal 4-6 bulan
Angkat Jahitan : 10-14 hari
Masa Penyembuhan: Puncak bengkak hari ke 3-5. Bengkak menyusut dan membaik sekitar 3 mingguan. Kondisi kembali normal setelah 4-6 bulan

Resiko yang dapat terjadi:

Bekas sayatan / scar/keloid
-Pendarahan / bleeding yang berkelanjutan
-Lamanya penyembuhan luka jahitan / poor wound healing
-Resiko anesthesi / Anesthesia risks
-Infeksi / Infection
-Kerusakan saraf / nerve damage

Semua tindakan operasi memiliki resiko. Namun dengan prosedur dan penanganan yang benar, dan dikerjakan oleh dokter spesialis yang kompeten, resiko dapat dihindarkan.

Pertanyaan yang sering kami terima mengenai operasi Tummy tuck

Apakah tummy tuck bisa menghilangkan stretch marks?

Tergantung area dan letak stretch marknya. Tummy tuck meliputi tindakan penarikan / pengencangan kulit. Apabila stretch mark terletak di area kulit yang dikencangkan, maka stretch mark dapat ikut di buang. Apabila stretch mark terletak di bagian bawah perut / abdomen, ada kemungkinan stretch mark dapat ikut dihilangkan dan dikurangi penampakannya.

Habis tummy tuck apakah masih bisa melahirkan ?

Pasien masih tetap bisa melahirkan, karena tummy tuck tidak mengganggu kandungan. Namun dianjurkan agar apabila pasien masih merencanakan untuk hamil lagi, untuk menunda tindakan tummy tuck. Karena hasil tummy tuck akan berubah dan dipengaruhi oleh membesarnya perut pada masa kehamilan.

Apakah operasi tummy tuck menyakitkan ?

Semua tindakan operasi akan menyakitkan selama prosesnya. Namun dokter spesialis anestesi akan menyuntikkan obat bius / anestesi umum, sehingga pasien tidak akan merasakan sakit sama sekali dan dalam keadaan tidak sadar. Pada saat pasien kembali sadar, proses operasi sudah selesai.