Plastic Surgery

Liposuction / Operasi Sedot Lemak

Share

NEW YOU with LIPOSUCTION

Liposuction / Operasi Sedot lemak  tubuh yang juga di sebut Lipectomy, lipo, liposclupture, adalah tindakan operasi kosmetik untuk membentuk tubuh dengan membuang timbunan lemak yang berlebih di bagian2 tertentu secara permanen.

Prosedur liposuction

 

Bagian2 yang sering di lakukan sedot lemak : perut, paha, lengan, wajah, bagian bawah dagu (leher), dada, dan punggung. Berdasarkan statistik, wanita kebanyakan melakukan lipo untuk bagian perut, lengan dan paha, sedangkan pria kebanyakan melakukan lipo di bagian perut dan dada.
Tujuan tidakan liposuction, tidak dapat diukur dari banyaknya berat badan yang akan turun setelah liposuction, tetapi bertujuan untuk membentuk tubuh dengan membuang timbunan lemak di daerah tertentu tubuh yang sangat susah hilang dengan diet dan olah raga.

Dokter akan mengecek dan menandai  area-area penimbunan lemak pada tubuh pasien. Dokter akan membuat sayatan kecil untuk memasukkan canulla untuk menyemprotkan cairan yang menghancurkan lemak dan kemudian lemak di sedot. Lemak yang sudah disedot, dapat di pindahkan ke bagian tubuh lain untuk memperindah bagian tertentu (fat transfer),  untuk mengisi kekosongan, seperti pada wajah, payudara, bokong  atau bagian tubuh lainnya.

Apabila kualitas dan kondisi kelenturan kulit pasien masih bagus, dokter akan menganjurkan penggunaan korset paska operasi / compression garment selama beberapa  bulan. Penggunaan compression garment akan membantu proses penyembuhan, menghindari bengkak berlebih,  penyesuaian kulit dengan kondisi tubuh yang baru , dan memaksimalkan hasil operasi.  Namun apabila pasien telah memiliki kualitas kulit yang kendor dan bergelambir karena hilangnya berat badan berlebih atau faktor usia, dokter kemungkinan dapat menganjurkan kombinasi dengan tindakan body lift (arm lift, liposuction, thigh lift) untuk membantu pengencangan kulit paska liposuction.

Mengenai Liposuction:

Durasi Tindakan: 3-5 jam
Anestesi : Lokal / Umum
Persiapan operasi: -Menghentikan vitamin, jamu-jamu, alkohol dan rokok 1 minggu sebelum jadwal tindakan
-Medical check up. Pasien harus dalam kondisi sehat dan terkontrol .
-Puasa makan dan minum 6 jam sebelum jadwal tindakan
Paska operasi : -Bengkak, lebam, terasa kencang pada payudara
-Nyeri , yang pelan-pelan akan mereda
-Rembasan darah di area operasi, yang pelan-pelan akan berhenti
-Penggunaan compression garment paska operasi selama 4-6 mingguan (atau sesuai instruksi dokter)
-Tidak di anjurkan untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat selama 3-4 minggu paska operasi.  Olah raga high impact dianjurkan setelah minimal 3 bulan paska operasi
-Hasil akhir liposuction dapat dilihat minimal setelah 3-4  bulan paska operasi
Angkat Jahitan : 10-14 hari
Masa Penyembuhan: Puncak bengkak hari ke 3-5. Bengkak menyusut dan membaik sekitar 3 mingguan. Kondisi kembali normal setelah 3-4 bulan

Resiko yang dapat terjadi:

-Pendarahan yang berkelanjutan
-Masa penyembuhan yang buruk
-Infeksi
Scar jahitan
-Hasil penyedotan lemak yang tidak merata.

Semua tindakan operasi memiliki resiko. Namun dengan prosedur dan penanganan yang benar, dan dikerjakan oleh dokter spesialis yang kompeten, resiko dapat dihindarkan.

*Ilustrasi gambar dari berbagai sumber

Pertanyaan yang sering kami terima mengenai operasi Liposuction

Berapa lama saya perlu memakai korset compression garment setelah operasi ?

Dianjurkan penggunaan minimal 4-6 minggu setelah operasi atau sesuai instruksi dokter . Kontrolkan perkembangan kondisi anda secara teratur.

Saya sudah pernah liposuction 1 tahun yang lalu. Tapi kenapa berat badan saya malah bertambah ?

Tindakan liposuction / sedot lemak bertujuan untuk membuang kelebihan lemak secara permanen untuk pembentukan tubuh (body contouring). Perlu diingat, operasi liposuction bukanlah salah satu cara untuk mengurangi berat badan sebanyak mungkin untuk  selama-lamanya.   Setelah tindakan liposuction,  pasien di anjurkan untuk mengkonsumsi diet yang seimbang dan berolah raga untuk menjaga bentuk tubuh yang telah dicapai dan  untuk  menghindari pembentukan lemak yang baru; bahkan melanjutkan pembentukan tubuh sesuai keinginan.

Kulit saya banyak yang menggelambir karena saya banyak kehilangan berat badan. Masih ada sedikit-sedikit lemak di bagian perut. Apakah bisa diliposuction dan bagaimana mengencangkan kulit saya ?

Bagian perut yang masih ada tumpukan lemak bisa dilakukan liposuction. Apabila kondisi kulit anda banyak yang berlebih / menggelambir karena berkurangnya berat badan yang significant dan kondisi berat tubuh anda sudah stabil, kemungkinan dapat dilakukan body lift. Dimana kulit yang berlebih dibuang dan dikencangkan.

 

 

 

Korset paska Operasi